Usaha Pengrajin Batu Akik dan Permata

Foto Seri_ Komposisi Pada Foto: Model Kamera: Canon Powershot A3200 IS Type: JPG Image Tanggal Pengambilan Gambar: 15/05/2012 14:14 Dimensi: 4320 X 3240
ini adalah salah satu pengerajin Batu Akik Dan Permata yang berada di Pasar Minggu yang letaknya tdak jauh dari pintu masuk menuju dalam pasar tersebut. Nama pengerajin Batu Akik tersebut adalah Yurman nama lapak tempat ia berjualan adalah PENGRAJIN BATU AKIK & PERMATA 5 SAUDARA. Menurut pengakuannya ia sudah menekuni usaha ini kurang lebih selama 16 tahun. Pak Yurman menuturkan bahwa sebagian besar batu akik tersebut berasal dari daerah Bengkulu dan ada juga yang berasal dari Palembang dan Padang, bahkan dari dari luar negeripun juga ada seperti dari Cina, Thailand, Philipina Dan Vietnam dan Negara lainnya. Yang menarikanya adalah hasil kerajinan Pak Yurman juga sudah dipasarkan sampai keluar negeri seperti Cina, Thailand, Vietnam,dan Philipina. untuk biaya pembuatannya Pak Yurman memasang tarif mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 15.000 tergantung juga dengan tingkat kerumitannya.
Pada foto ini tampak salah Sorang Pemesan Batu Akik sedang meminta kepada Pak Yurman membentuk Batu seperti yang diinginkannya.
Dari gambar itu, Pak Yurman sedang melakukan proses pembentukan Batu Akik dengan menggunakan Amplas kasar sehingga lebih mudah untuk dihaluskan.
setelah proses pembentukan batu Akik dengan amplas kasar, kemudian dihaluskan dengan amplas halus, seperti yang tampak pada gambar tersebut. sehingga dengan dihalusakan maka nantinya akan membentuk batu cincin yang sangat bagus.
Ini adalah gambar detail bagaimana Pak Yurman menghaluskan batu akik.
Ini adalah tahap pengeleman batu Akik yang sudah dihaluskan dengan menggunkanan lem Cina dan ditaburi dengan Abu Jerami padi. Tujuan dari hal tersebut adalah agar hasilnya akan menjadi sangat bagus dan tahan lama.
Lalu ini adalah salah satu bentuk batu yang sudah hampir selesai pengerejaanya.
Dan tidak perlu Lama-lama menunggu Cincin batu Akikpun sudah selesai pengerjaannya. dapat anda lihat hasilnya sungguh luar biasa. apakah anda juga berminat???.
Berikut adalah berbagai macam bentuk Cincin Batu Akik yang sudah siap dipasarkan keseluruh daerah, nasional bahkan mancanegara sekalipun. Anda juga dapat memilih dan memesan jenis dan bentuk cincin sesuai keinginan anda sendiri.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Usaha Pengrajin Batu Akik dan Permata"

Unknown said...

pak,,,sy punya stok kecubung batu belum proses,,,siap supply rutin dlm jumlah besar,,,sedianya ingin kerjasama
CP:
087721118121
27629036 pin bb

sumarwan said...

Bos klau gak salah pak yurman yg pindah ke daerah pondok gede ,,

sumarwan said...

Ni om uda di pondok gede ya om

sumarwan said...

Bos klau gak salah pak yurman yg pindah ke daerah pondok gede ,,

masbro said...

Pak saya dari aceh... kita punya batu giok aceh Jika bpk berminat kita bisa kerjasama..
Cp. 082368761194
Pin bb 28f8d99f