8 Modal utama untuk sukses dalam dunia blogging

8 Modal utama untuk sukses dalam dunia blogging
Siapapun kamu dengan niat baik serta kontinue dalam beruhasa bisa menjadi seorang blogger yang sukses kemudian hari . Kita tahu saat ini sudah begitu bayak situs penyedia layanan untuk membuat blog gratis yang siap digunakan untuk mempromosikan berbagai macam pengetahuan , Bahkan seiring dengan perkembangan waktu ke waktu dunia blogging pun mengalami perkembangan yang sangat pesat . Blog yang dulunya digunakan hanya sebagai tempat menulis coretan inspirasi saja kini sudah menjadi wadah bisnis online yang paling banyak digunakan dalam mencari penghasilan lewat internet,Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa blogger yang sudah sukses dengan mendapatkan puluhan juta hingga ratusan juta setiap bulannya.

Menjadi blogger yang sukses tentu bukanlah hal yang mudah , untuk meraih kesuksesan dalam dunia blogging ,dibutuhkan system kerja keras , cerdas serta wajib terampil menjadi modal utama untuk mengikuti pekerjaan online ini . Tapi sebagai penyemangat kita mesti sadar bahwa untuk menggapai sukses dalam dunia blogging cara instant itu tidak ada dan kita sadar bahwa akan dibutuhkan waktu yang relativ panjang untuk mengejar segalanya.

Sukses dalam dunia blogging disandang saat sebuah blog itu memiliki banyak trafik pengunjung. Pengunjung yang paling mendominasi mereka datang dari mesin pencari , pengunjung tersebut dikatakan visitor organik yang tentunya sangat berharga. Tapi yang menjadi kendala bagi sebagian blogger adalah kesulitan untuk mendapatkan trafik ini . Kesulitan itu melanda dan mereka tidak tahu bagaimana cara yang paling baik untuk mendapatkan visitor organik. sebenarnya kemampuan ini siapa saja bisa miliki selama niat dan ketekunan untuk belajar ada, sebab faktor utama untuk mendapatkan gelar blogger yang sukses didasari oleh faktor ketekunan dan niat .

Tulisan kali ini akan bercerita serta berbagi pengalaman tentang modal utama untuk mengelolah sebuah blog yang kiranya akan menjadi blog yang sukses . Tulisan yang saya jadikan referensi bagi blogger pemula dalam mengelolah sebuah blog yang biasa -biasa saja  hingga menjadi blog yang bisa memiliki pengunjung yang banyak hingga tujuan utama sukses menghasilkan uang dari blog bisa dicapai.

8.Modal utama untuk bisa sukses dalam dunia blogging

Ingat , Untuk sukses dalam dunia blogging itu tidak mudah , butuh belajar dan belajar , kejar target hingga tercapai serta tekun dalam mengelolah sebuah blog . Dan dibawah ini 8 tips dalam dunia blogging bagaimana cara blog yang anda miliki bisa sukses mendatangkan banyak pengunjung.

1. Menulis artikel yang baik

Pekerjaan utama dalam dunia blogging adalah menulis sebuah artikel. Itu sudah pasti .  Maka dari itu dibutuhkan kemampuan khusus dalam menulis sebuah artikel, kemampuan ini harus diasah dan selalu diprioritaskan dalam menekuni dunia blogging . .  Menulis sebuah artikel yang bermanfaat serta informatif itu tidak mudah, saya sendiri mengakui bahwa dibutuhkan beberapa hari untuk membuat sebuah artikel yang benar-benar informatif serta menarik untuk calon pengunung .jadi jangan pernah beranggapan bahwa menulis itu mudah . Anda mungkin saja akan menempuh jalur copy paste tapi itu bukan hal yang baik dan percaya saja kegiatan seperti itu selain melanggar hukum juga tidak akan membuahkan hasil yang baik.

Memang awalnya Anda akan kesulitan dan kurang ide untuk menciptakan rangkaian kata-kata, tapi jika terus diasah dan terus tekun untuk belajar maka percaya saja kemampuan dalam menulis artikel akan mengalami perubahan yang sangat signifikan, akan selalu muncul ide-ide baru saat anda mengetik huruf demi huruf.

Cara mendapatkan ide yang lain adalah dengan membaca beberapa tulisan sesama blogger yang sudah jadi . baca dan cermati apa yang mereka tuangkan dalam isi artikel mereka, coba untuk terbiasa membaca maka akhirnya pun kita akan tahu bagaimana dan apa cara yang baik itu.

2.  Gunakan template blog yang seo friendly

Cara kedua yang harus kamu ketahui adalah dengan menggunakan template blog yang seo friendly. kita dapat belajar untuk mengenal template sejenis ini . salah satunya adalah memperhatikan structure template itu sendiri, check apakah template itu ringan , check apakah template itu responsive maka sudah jelas bahwa template adalah seo frindly

Cara lain mengenal sebuah template yang seo friendly adalah dengan melihat structure tag heading . biasanya template yang baik akan memiliki tag heading yang dinamis, sebagai contoh tag h1 dihalaman depan blog tapi jika sebuah judul postingan di buka maka tag h1 judul blog tadi berubah menjadi h2 sedang judul postingan itu sendiri menjadi tag h1.

Diperlukan skil khusus untuk membuat template seperti ini, tapi jika kamu memang tidak bisa membuatnya kamu boleh menggunakan template gratisan . ada banayk template gratisan diluar sana yang memiliki ciri template yang seo friendly.

3. Paham tentang optimasi seo onpage

Pemahaman tentang seo onpage adalah sebuah tindakan yang dilakukan dalam membangun seo dalam artikel seperti mengatur tehknik penempatan judul dan sub judul serta membuat internal link ke postingan lain,tehknik membuat judul yang menarik  dan juga  melakukan seo pada template seperti menambahkan meta tag title dan deskripsi ataupun upaya lain . Tidak ada batasan untuk seo onpage ini . beberapa platform pun juga melakukan hal yang sesuai ke platform masing-masing. jika blog kamu masih baru lakukan pengenalan ke mesin pencari, berikut hal yang harus dilakukan saat blog kita sudah jadi :
  • Daftarkan blog ke google webmaster tool 
  • Daftarkan blog ke  bing master tools
  • Submit peta situs / sitemap blog di google dan bing
  • Daftarkan blog kamu ke google analitic
Cara ini dilakukan untuk melihat perkembangan blog kita serta blog kita akan lebih cepat terindeks kemesin pencari
Anggapan mengenai membuat artikel dengan asal menulis, tidak usah memikirkan seo sebenarnya sah sah saja , itu hak mereka , Tapi jika ada cara untuk mengetahui hal ini kenapa tidak untuk dipelajari . sebab ! .. Kata tehkni seo tidak akan ada jika tidak melalui proses uji coba . beberapa blogger yang telah menuai hasil dari dunia blogging karena mereka tahu apa efek positif terhadap blog jika melakoni dasar dasar tehknik seo onpgage.

Dengan demikian setiap kali membuat artikel postingan optimasi seo onpage sebaiknya dilakukansetiap kali anda menyusun sebuah artikel . pastikan huruf demi huruf, kata demi kata sudah pas maka setelahnya baru publikasikan.

4. Melakukan riset kata kunci atau keyword

Sebelum memberi judul pada artikel terlebih dahulu dilakukan adalah riset kata kunci atau keyword.
Jangan memahami salah tentang tehknik ini sebab tehknik meriset kata kunci ada banyak cara salah satunya meriset kata kunci lewat mesin pencari itu sendiri. Cara lain berikutnya dalam meriset kata kunci kamu bisa menggunakan cara riset kata kunci dengan google trends ataupun google keyword planer

Seperti yang saya katakan tadi mengerjakan sesuatu dalam dunia blogging apalagi jika kamu masih pemula hal itu tidak mudah demikian juga dengan cara merist kata kunci . cara ini juga butuh usaha dan kerja keras tapi ingat jika dipelajari semua akan menjadi gampang nantinya . mari kita bahas tentang bagaimana cara meriset kata kunci ini .

Beberapa testimonial dari blogger yang sudah sukses menggunakan trik ini berhasil di 2 atau 3 bulan pertama sudah bisa mendapatkan -+ 1000 visitor unik dalam sehari.


Pikirkan dulu apa judul artikel yang akan kamu buat kemudian gunakan fasilitas mesin pencari seperti google untuk mengetahaui judul yang cocok untuk dipakai sebagai kata kunci

-Contoh yang kita pikirkan adalah judul contoh "Cara membuat blog"

Sekarang Buka mesin pencari google, lalu ketikan kata kunci cara membuat blog, maka google akan menampilkan beberapa kata kunci yang relevan , contohnya lihat  gambar di bawah ini:

8 Modal utama untuk sukses dalam dunia blogging

Akan ditampilkan beberapa kata kunci yang relevan . Sekarang klik satu persatu . jika di klik kemudia halaman depan ada judul yang cocok atau hampir serupa dengan kata kunci tersebut maka jangan dipakai. langkah selanjutnya adalah mencari kalimat yang relevan lainnya dengan menggunakan fasilitas yang disediakan keywordtool.io , situs itu akan memberi informasi yang lebih banyak tentang kata kunci yang relevan jadi gunakan tools online gratis mencari keyword tersebut


Buka situs itu dan ketikkan kata kunci yang menjadi target .

tools pencari keyword online


Perhatikan ada sekitar 340 kata kunci yang relevan dengan " cara membuat blog " ada banyak ide yang bisa kita olah untuk judul sebuah artikel, untuk medapatkan hasil yang maksimal buat kata kunci kita bervariasi supaya kelihatan menari seperti " Cara membuat blog blogspot untuk pemula" atau " membuat blog dengan cara paling mudah "

Kelihatan bervariasi tapi sebenarnya makna dari Lsi itu adalah " cara membuat blog " kembangkan cara ini setiap kali mau membuat sebuah artikel .

5. Update membuat artikel setiap hari

Jangan pernah bermalas malasan untuk update membuat artikel ,semakin banyak artikel yang bermanfaat serta informatif  yang anda buat kan menjadi solusi mendapatkan pengunjung yang banyak . saran saya jangan pernah melewatkan satu hari pun dalam pengembangan blog, minimal waktu 3 sampai 4 bulan jangan melewatkan sehari pun , setelah masa itu tercapai saya yakin kamu akan mendapatkan hasil yang benar2 anda harapkan .

Di awal-awal visitor blog memang tidak akan nampak secara merata, kadang dalam sehari tidak ada, tapi jangan putus asa, jangan pesimis untuk sebab ini . kita mencari reputasi baik dulu ke mesin pencari,baru setelahnya diberi hasil yang baik pula .  cara baik sebagai penyemangat cukup melihat page view saja di dasboard blogger , kalau sudah ada peningkatan kamu boleh menggunakan jasa histat untuk melihat visitor asli atau menggunakan jasa sejenis histat untuk melihat perkembangan visitor kita.

6. Manfaatkan Fasilitas web master tools - search console

Ide lain untuk mendapatkan kata kunci yang paling banyak datang ke blog kita dengan mnggunakan fasilitas web master tols search console .silahkan buka web master, pilih search console disitu akan di beri beberapa informasi mengenai kata kunci yang signifikan terhadap blog kita .


7. Belajar cara membuat backlink yang berkualitas lewat google

Yah, digoogle ada begitu banyak informasi mengenaik backlink yang berkualitas , Kita pelajari ini serta menerapkannya. referensi saya carilah blog yang sudah makmur yang pernah membahas mengenai cara mendapatkan backlink berkualitas untuk blog baru. maka dengan begitu bertambah pula ilmu kita untuk mendapatkan backlink yang baik bagi blog pemula.

Cara lain untuk mendapatkan backlink selain mencari informasi di google adalah melakukan blogwalking . berkomentar yang baik dan sematkan link pada form name dan url . tidak semua komentator akan di approve jadi berkomentarlah yang baik untuk mendapatkan backlink .

8.Berdoa supaya apa yang menjadi rencana mengembangkan blog bisa sukses.

Ingat kalimat " manusia merencanakan Tuhanlah yang menentukan " Selalu mengandalkan Tuhan dan jangan mengandalkan manusia . percaya dengan janjinya bahwasanya akan indah pada akhirnya .
Terapi Firman yang mengatakan " Aku bangun mendahului waktu untuk merenungi setiap janjimu "

Jadi sebelum melakukan segala sesuatu awali dengan Doa !

Demikian 8 Modal utama untuk sukses dalam dunia blogging semoga bisa menjadi seuatu yang bisa memotifasi kita dalam segala daya dan upaya melakoni dunia blogging.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "8 Modal utama untuk sukses dalam dunia blogging "

bebasqqlife said...

bagus sekali ya min artikel ini , saya sangat terbantu oleh artikel yang bagus ini dan menambah wawasan saya , saya berharap anda bisa terus berkarya untuk anak banga , dan pastinya saya mendoakan yang terbaik untuk anda sukses selalu dan sehat selalu
bandarq terpercaya
agen domino teraman dan terpercaya
jika ada salah saya dalam pengetikan saye meminta maaf,salam hormat terdalam saya, terima kasih