Permaianan mata para lelaki



Siapa yang tidak merasakan perubahan zaman? Tentu jawabannya mengatakan ya. Hal tersebut terkhusus pada kehidupan di kalangan remaja saat ini, banyak para pemerhati maupun peneliti yang menyimpulkan bahwa perubahan yang terjadi akibat modernisasi budaya barat dan canggihnya teknologi. Dari beberapa penyebab perubahan gaya perilaku di kalangan generasi muda kemudian juga membawa dampak kepada kehidupan berbangsa dan bernegara seperti contoh, banyaknya timbul kasus tentang kekerasan di kalangan remaja dan perilaku menyimpang di kalangan remaja.

Dalam tulisan ini saya akan membahas beberapa kasus yang sedang hangat-hangatnya terjadi di kota bengkulu. Dari pemberitaan media massa televisi menunjukan bahwa adanya peningkatan terhadap kasus perilaku menyimpang di kalangan remaja seperti perbuatan asusila. Mereka yang melakukan perbuatan asusila tersebut tidak hanya umur 17 tahu ke atas akan tetapi umur yang baru menginjak belasan tahun pun sudah berani melakukannya. Ini tentu membuat persoalan sosial yang sedang bergolak di masyarakat dan menjadi tanggung jawab semua pihak terutama pada orang tua si anak. Bagi mereka yang melakukan perbuatan asusila katakan saja perbuatan mesum yang melakukan hubungan badan layaknya suami istri ini tidak menghiraukan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Mereka seakan-akan tidak memperdulikan peraturan yang dibuat guna kemaslahatan bersama. Hal ini memang harus mendapat penanganan yang serius dari aparat penegak hukum guna untuk memberikan efek jerah kepada pelaku dan bagi masyarakat yang lainnya. Nah dari tadi sedikt terlupakan bahwa, selama ini peraturan yang dibuat hanya berlaku pada pelaku yang melakukan perbuatan asuaila akan tetapi tidak ada upaya yang dilakukan guna mencegah hal tersebut terulang lagi.

Mulai dari sekarang dihimbaukan kepada seluruh kalangan remaja untuk bekerjasama dalam memerangi virus asusila yang meresahkan masyarakat. Perbuatan semacam itu tentu dilarang oleh agama dan peraturan yang berlaku di dalam masyarakat guna untuk memberikn rasa aman dan tentram dalam bermasyarakat. Untuk mencegah hal tersebut terulang banyak cara yang bisa kita lakukan diantaranya kita harus memulai dari dalam diri kita sendiri yaitu dengan menajuhkan dari hal-hal yang negatif seperti perbuatan asusila, dan narkoba dan selalu berpikir positif dalam memandang masa depan yang lebih cerah. Sebuah bangsa akan maju apabila nahkodanya mempunyai kemampuan yang handal dan terampil. Dan sudah barang tentu bahwa generasi muda pada saat inilah yang akan mengendarai roda pemerintahan dan membawa kemajuan kedepan, namun sangat diayangkan apabila para generasi muda saat ini yang sudah membudayakan perilaku menyimpang tentu ini akan merusak sebuah negara. Seperti pepeatah mengatakan bahwa sebuah bangsa maju kedepannya itu ditentukan oleh generasi mudanya, jika rusak generasi mudanya maka hancurlah bngsa tersebut dan sebaliknya jika baik generasi pemudanya maka baik pula bangsanya.

Sebuah perubahan berawal dari hal yang kecil, misalkan contoh adakah diantara kita yang selalu melakukan pekerjaan yang tepat waktu “on time” sangat bagus sekali apabila diantara kita selalu beperilaku sperti itu. Yang jadi masalah adalah perilaku kita yang “selalu tidak tepat waktu” ini menjadi kebiasaan atau buadaya? Sperti itulah yang terjadi di meja kekuasaan “birokrasi” saat ini, semuanya mempunyai alibi tersendiri dari semua urusan yang mereka tangani. Banyak yang mengatakan dari pihak birokrasi “kalau bisa diperlambat kenapa harus dipercepat”. Sungguh selogan yang terucap ini seakan-akan menjadi senjata ampuh bagi penguasa yang ada saat ini. ini cerita tampaknya sudah jauh dari pembicaraan tadi, ini akibatnya apabilah keasyikan bercerita dalam memberi penegetahuan kepada seluruh masyarakat.

Postingan terkait: