Bom Mobil Tewaskan 38 Warga Irak


BAGHDAD - Serangkaian ledakan yang terjadi di sejumlah kawasan di Irak dilaporkan menewaskan 38 orang. Sementara ratusan orang lainnya diketahui terluka.

"Terdapat 38 korban tewas dan setidaknya 160 orang terluka dalam serangkaian aksi kekerasan yang terjadi di beberapa tempat terpisah," ujar otoritas Irak seperti dikutip Associated Press Selasa, (20/3/2012).

Serangan bom serta beberapa aksi kekerasan ini terjadi menyusul digelarnya pertemuan KTT Tahunan Liga Arab di Baghdad, Irak.

Serangan paling mematikan dilaporkan terjadi di kota suci masyarakat Syiah, Karbala. Di kota ini dua bom mobil dilaporkan meledak di sebuah pusat perbelanjaan dan menewaskan 13 orang.Sementara 50 lainnya diketahui terluka.

Sementara itu anggota dewan provinsi setempat Hussein Shadhan al-Aboudi menyalahkan Al Qaeda atas serangan bom mobil tersebut. Al-Aboudi menuding kelompok militan itu berupaya untuk menggagalkan pertemuan para kepala negara Liga Arab untuk kedua kalinya di Irak.

"Tujuan dari serangan ini adalah untuk mengacaukan situasi keamanan di Karbala dan sejumlah kota lainnya di Irak serta mengguncang rasa percaya masyarakat kepada pemerintah. Tampaknya para teroris itu juga berusaha menggagalkan KTT Arab mendatang yang akan berlangsung di Baghdad," ujar Hussein Shadhan al-Aboudi.

Bom mobil dilaporkan juga terjadi di Hillah, sekira 95 kilometer di Selatan Kota Baghdad. Dalam insiden ini dua orang dilaporkan tewas sementara 20 lainnya terluka.

Di Mahmoudiya bom mobil juga dilaporkan meledak dan menewaskan dua orang serta menyebabkan tujuh lainnya terluka.

Serangkaian serangan dilaporkan terus mengalami peningkatan menyusul semakin dekatnya pertemuan KTT Tahunan Liga Arab yang dijadwalkan akan berlangsung di Baghdad.

KTT yang akan dilangsungkan kali ini merupakan KTT tahun lalu, yang mengalami penundaan akibat situasi keamanan Irak yang tidak kunjung stabil.(rhs)

http://international.okezone.com/read/2012/03/20/412/596819/bom-mobil-tewaskan-38-warga-irak

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bom Mobil Tewaskan 38 Warga Irak"